*GpA0GUC5TSAoGSM6GUG0BSriTi==*

Prioritaskan Obyek Wisata, Berikut Penjabaran Program dan Strategi Pasangan Hj Sumiatun-Ibnu Salim Untuk Lombok Barat

Wisata
Pasangan Calon dengan Nomor Urut 03, Hj Sumiatun-Ibnu Salim (MANIS).

LOMBOK BARAT - Debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Barat Tahun 2024 yang diselenggarakan, Sabtu (19/10/2024) malam membahas beberapa isu strategis daerah. 

Termasuk didalamnya sektor pariwisata. Sektor ini menjadi salah satu program yang diprioritaskan Pasangan Calon dengan Nomor Urut 03, Hj Sumiatun-Ibnu Salim (MANIS).

Abah Muazar Habibie selaku Tim Ahli pasangan calon, Hj Sumiatun-Ibnu Salim, berpendapat, durasi waktu yang diberikan untuk masing-masing pasangan calon terbilang cukup singkat terlebih ketika memasuki sesi debat. 

Padahal, para pasangan calon membutuhkan waktu yang lebih ketika ingin menjabarkan program kerjanya ke depan. Khusus sektor pariwisata Lombok Barat, lanjut Abah Muazar Habibie, pasangan Hj Sumiatun-Ibnu Salim berkomitmen ke depannya mengembangkan obyek wisata prioritas dengan berbagai program dan strategi.

Diantaranya pengembangan wilayah pantai selatan Lombok Barat, sebagai obyek wisata baru di Teluk Sepi, Teluk Mekaki, Orong Bukal, Tanjung Penggerah, dan Teluk Blongas, yang memiliki keunikan berupa karang atol dan menyajikan pengalaman berwisata yang unik.

"Pasangan MANIS juga akan Membangun dan memulai rintisan obyek dan atraksi wisata berbasis hutan, pesisir dan alam perdesaan," ujar Abah Muazar Habibie, Senin (21/10/2024).

Selain itu, Hj Sumiatun dan Ibnu Salim akan menambah obyek wisata dengan pengalaman berwisata menyenangkan di desa. Dengan strategi menetapkan 20 desa wisata baru, setelah pemetaan dan diferensiasi kekhasan alam perdesaan, pelatihan kelompk masyarakat di desa, pemberdayaan Aksesibilitas yang siap digunakan.

Berkaitan dengan kawasan pantai Senggigi, pasangan Hj Sumiatun-Ibnu Salim telah menyiapkan langkah-langkah revitalisasi kawasan Senggigi dalam Visi Misi dan Program Aksi. 

Hal ini untuk menjadikan Senggigi kembali berjaya sebagai destinasi utama pilihan wisatawan, melalui upaya yang salah satunya, menjaga kebersihan destinasi dengan memperbanyak tempat sampah terpilah. 

Disusul dengan TPS dan TPA untuk wilayah bagian utara Lombok Barat, serta menyiapkan petugas kebersihan yang siaga selama 16 jam. "Penambahan toilet umum yang selalu bersih, ketersediaan air dan petugas kebersihan yang selalu siaga selama 16 jam," imbuhnya.

Dilanjutkan dengan penambahan Penanganan Jalan Umum menggunakan tenaga panel surya (Tenaga Matahari). Dengan melakukan pemeliharaan, penggantian baterai, dan perawatan bagi panel surya PJU yang ada, agar tetap berfungsi dan masa penggunaannya lebih lama serta berkelanjutan.

"Pasangan MANIS juga akan Membangun dan menata lapak-lapak pedagang," imbuhnya.

Sebaliknya, pasangan Hj Sumiatun-Ibnu Salim akan bekerja sama dengan travel agent, blogger, dan influencer untuk mempromosikan 'Senggigi Reborne' dengan suasana baru, fasilitas dan pengalaman berwisata yang lebih lengkap, sekaligus memasifkan promosi dan pemasaran melalui teknologi digital.

Di sisi lain, membangun Pusat Informasi Senggigi yang menggunakan barcode untuk memudahkan wisatawan dalam mengakses informasi tentang destinasi, obyek dan atraksi wisata lain di Lombok Barat. Pihaknya juga akan bekerja Kerja sama dengan provider selular untuk menyediakan akses internet cepat dan stabil. 

"Pasangan Hj Sumiatun-Ibnu Salim akan membangun dermaga dan pengaturan terminal fastboat, serta kerjasama dengan pengusaha fastboat agar menjadikan dermaga Senggigi sebagai titik persinggahan utama," jelasnya.

Komentar0

Type above and press Enter to search.

PT. GLOBAL SWARA RAKYAT