*GpA0GUC5TSAoGSM6GUG0BSriTi==*

Jatuh dan Terkelupas, Kabel Listrik Ancaman Keselamatan Warga Bilebante

Global Lombok|Lombok Tengah - Warga Dusun Tapon Barat dan Dusun Karang Kubu Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, diresahkan kabel listrik. Warga risau dengan kondisi kabel listrik yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan warga.

Kepala Dusun Tapon Barat, Isman Jayadi menuturkan, ada dua tiang listrik yang jatuh di wilayah kampungnya. Kondisi ini sudah berlangsung selama kurang lebih dua bulan. Parahnya lagi, sebagian kabel sudah terkelupas hingga membuat warga sekitar khawatir. 

"Kami takutnya ada korban nanti. Makanya kami meminta agar tiang dan kabel listrik ini segera diperbaiki," harapnya. 

Isman sendiri mengaku sudah melaporkan masalah tiang listrik ini ke PLN Cabang Praya. Namun, belum ada respons untuk diperbaiki. 

"Memang ada petugas PLN yang sempat turun tapi sampai sekarang belum diperaiki," sesalnya. 

Tak hanya itu, klanjut Isman, jatuhan kabel listrik ini juga ada yang menempel rumah warganya. Dia khawatir jika kabel ini nantinya dapat menimbulkan koraban.

"Makannya kami sangat khawatir," katanya.

Hal senada disampaikan Kadus Karang Kubu, I Komang Mardana, bahwa kampungnya juga memiliki persoalan yang sama. Bahkan, masalah turunnya kabel listrik lebih parah dibandingkan masalah di Dusun Tapon Barat. Sepanjang kampungnya membentang kabel listrik dengan ketinggian tidak sewajarnya.

Selain itu, sambung Komang, kabel listrik di kampungnya sudah memakan korban. Juntaian kabel yang melambung menyentuh atap warga hingga bolong. 

"Setiap turun hujan, kabel listrik ini juga selalu terbakar. Kami sudah lama khawatir dengan masalah ini," katanya.

Komang menambahkan, masalah ini sudah terjadi sejak dua tahun lalu. Dia dan warga beberapa kali mengadukan persoalan itu tapi belum ditanggapi. 

"Masalah ini sudah dua tahun terjadi tapi belum ditanggapi," tambahnya.

Ketua Forum Kadus Desa Bilebante, Dalaah atau yang akrab disapa Amaq Mandalika menambahkan, masalah jatuhnya kabel listrik ini sudah disampaikan ke Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri saat kunjungan ke Bilebante. Waktu itu, Bupati Pathul langsung berkoordinasi dengan Kepala PLN Cabang Praya. Namun, kabel listrik itu tidak kunjung diperbaiki. 

"Kami sudah sampaikan masalah ini ke Pak Bupati waktu beliau kunjungan. Tapi belum diperbaiki sampai sekarang. Kami minta kepada PLN agar segera menangani masalah ini sebelum timbul korban," timpal Amak Mandalika. (*)

Komentar0

Type above and press Enter to search.

PT. GLOBAL SWARA RAKYAT