*GpA0GUC5TSAoGSM6GUG0BSriTi==*

Jadi Juara Nasional, Puyung Disebut Gagal Kelola Limbah


Global Lombok | Lombok Tengah - Pada tahun 2024, desa Puyung menjadi juara 1 Lomba Desa tingkat Nasional, hal tersebut menjadi angin segar sekaligus kebanggaan tersendiri bagi masyarakat luas.


Kendati demikian, masyarakat masih mengeluhkan kondisi pengolahan sampah dan limbah, terutama yang berada di pinggiran sungai saluran bendungan Babilonia.


Salah satu masyarakat yang dikonfirmasi media ini, Hamdan, menuturkan keterpaksaan mereka membuang sampah ke sungai dan juga limbah hasil olahan tahu. Karena sampai saat ini, tidak ada fasilitas yang mendukung untuk pengolahan sampah dan limbah tersebut.


"Ya terpaksa, mau bagaimana lagi, tempat kami buang sampah gak ada, mau ditumpuk malah jadi penyakit. Terpaksa saja buang ke (sungai) sini," sesalnya.


Selain itu, isu lingkungan ini juga menjadi perhatian serius dari pemerhati lingkungan. Salah satunya adalah Hadi Wijaya yang menilai situasi ini sangat memprihatinkan, terutama mengingat prestasi yang diraih Desa Puyung. 


“Kesuksesan di bidang lain seharusnya diimbangi dengan perhatian pada isu lingkungan. Jika pengelolaan sampah tidak ditangani serius, maka prestasi tersebut akan ternoda,” tegasnya. "Untuk saat ini saya anggap gagal kelola limbah," sambung dia.


Ia merekomendasikan agar pemerintah desa segera menyusun rencana aksi untuk mengatasi permasalahan ini. Langkah-langkah yang bisa diambil antara lain penyediaan tempat sampah yang cukup, pengadaan armada pengangkut sampah, serta pelatihan bagi masyarakat tentang cara pengelolaan limbah yang baik.


Lebih lanjut, Hadi, sapaan akrabnya, menyarankan agar desa menggandeng pihak ketiga, seperti LSM atau perusahaan lokal, untuk mendukung program-program pengelolaan lingkungan. 


“Kerjasama ini bisa memberikan solusi inovatif dan sumber daya yang lebih untuk menuntaskan permasalahan ini,” tambah pria yang juga aktif sebagai pendidik ini.


Dengan langkah konkret, diharapkan Desa Puyung tidak hanya dikenal sebagai juara dalam lomba desa, tetapi juga sebagai contoh desa yang peduli terhadap lingkungan, menciptakan kondisi yang lebih bersih dan sehat bagi seluruh warganya. (tao)

Komentar0

Type above and press Enter to search.

PT. GLOBAL SWARA RAKYAT