*GpA0GUC5TSAoGSM6GUG0BSriTi==*

Kanada 'Tidak Akan Pernah' Mengakui Referendum 'Palsu', Trudeau menegaskan kembali kepada Zelenskyy

Referendum Palsu
'Trudeau: Kanada tidak akan pernah mengakui referendum Putin di wilayah pendudukan Ukraina'


Oleh Rachel Gilmore  Berita Global


KANADA, -  Perdana Menteri Justin Trudeau berbicara dengan Volodymyr Zelenskyy pada hari Rabu, menegaskan kembali kepada presiden Ukraina bahwa Kanada tidak akan "pernah" mengakui hasil referendum "palsu" Rusia baru- baru ini di Ukraina yang diduduki.


Pemerintah Rusia mengadakan referendum di empat wilayah pendudukan di Ukraina antara 23 September dan 27 September, di mana para pejabat pro-Moskow mengklaim penduduk telah memilih untuk bergabung dengan Rusia.


Banyak pemimpin barat, termasuk Presiden AS Joe Biden, mengecam referendum itu sebagai "palsu." Trudeau mengulangi karakterisasi suara ini dalam percakapannya dengan Zelenskyy, menurut pembacaan Rabu.


Trudeau: Kanada tidak akan pernah mengakui referendum Putin di wilayah pendudukan Ukraina.


"Perdana Menteri dan Presiden mengecam 'referendum' tidak sah Rusia di wilayah pendudukan Ukraina, yang merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional dan eskalasi lebih lanjut dari invasi Rusia," bunyi percakapan itu.


“Perdana Menteri menegaskan kembali bahwa Kanada tidak dan tidak akan pernah mengakui hasil referendum palsu ini atau upaya pencaplokan ilegal wilayah Ukraina oleh Rusia.”


Trudeau sebelumnya mengutuk referendum dalam sebuah pernyataan tweeted 20 September, menyebut mereka "pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional" dan "eskalasi perang lebih lanjut."


Menurut pejabat pemilu yang ditempatkan di Rusia, 93 persen suara yang diberikan di wilayah Zaporizhzhia mendukung pencaplokan, seperti halnya 87 persen di wilayah Kherson, 98 persen di wilayah Luhansk, dan 99 persen di Donetsk.


Bersama-sama, keempat provinsi tersebut mewakili sekitar 15 persen wilayah Ukraina.


Rusia dituduh melakukan sabotase setelah ledakan menyebabkan kebocoran pipa Nord Stream


Menurut pembacaan panggilan telepon mereka, Trudeau “memuji” kepemimpinan Zelenskyy dan menegaskan kembali “dukungan kuat berkelanjutan Kanada untuk Ukraina.”


“Para pemimpin sepakat untuk terus melibatkan dan memobilisasi para pemimpin global untuk mendukung Ukraina, dan melawan tindakan brutal Rusia yang sedang berlangsung,” katanya.


“Perdana Menteri Trudeau dan Presiden Zelenskyy sepakat untuk tetap berhubungan dekat dan teratur.”


Pejabat Rusia, sementara itu, telah menyarankan hasil referendum dapat digunakan sebagai alasan untuk meningkatkan perang.


Dmitry Medvedev, mantan presiden Rusia dan sekarang wakil ketua Dewan Keamanan Presiden Vladimir Putin, turun ke media sosial untuk memperingatkan bahwa siapapun yang memasuki wilayah yang dianggap Rusia melakukan "kejahatan" yang akan memungkinkan Rusia "menggunakan semua kekuatannya". dari pembelaan diri.”


Putin mengeluarkan peringatan serupa dalam pidato televisi tujuh menit sesaat sebelum referendum diadakan.


“Negara kami juga memiliki berbagai alat penghancur … dan ketika integritas teritorial negara kami terancam, untuk melindungi Rusia dan rakyat kami, kami pasti akan menggunakan semua cara yang kami miliki,” katanya.



Saat dia keluar dari pertemuan kaukus pada hari Kamis, Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland menyarankan agar warga Kanada bahkan tidak menyebut pemungutan suara ini sebagai “referendum.”


“Kita semua tahu bahwa kata-kata itu penting. Ini bukan referendum. Ini adalah palsu. Mereka palsu, dan mereka diakui oleh seluruh dunia seperti itu,” kata Freeland.


Sebaliknya, apa yang ditunjukkan oleh pemungutan suara ini adalah bahwa Putin “memahami bahwa dia kalah,” tambahnya.


“Adalah hal yang baik baginya untuk kalah. Ini adalah perang ilegal dan biadab, dan yang harus kita lakukan sekarang adalah menggandakan dukungan untuk Ukraina,” kata Freeland.


“Semakin cepat Ukraina menang, semakin cepat penyiksaan dan kematian berakhir, dan semakin cepat ekonomi global dapat kembali melakukan tugas kita untuk pulih dari resesi COVID dan membawa kemakmuran bagi rakyat di negara kita.”.


Sumber : global News



Komentar0

Type above and press Enter to search.

PT. GLOBAL SWARA RAKYAT