Di Hari Kesehatan Sekda KLU Resmikan 4 Puskesmas Sementara Lombok Utara.

Di Hari Kesehatan Sekda KLU Resmikan 4 Puskesmas Sementara
Lombok Utara.

Lombok ugara,globallombok.com-Percepatan pemulihan Kabupaten Lombok Utara disamping memprioritaskan hunian masyarakat, tak dikesampingkan pula pentingnya fasilitas layanan kesehatan masyarakat sebagai jaminan warga KLU tetap sehat.

Bertepatan dengan perayaan hari Kesehatan yang ke 54 di KLU Sekda KLU Drs.H.Suardi,MM, meresmikan secara simbolis 4 Puskesmas Sementara di Puskesmas Sementara desa Pemenang, KLU, Senin (12/11).
Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan KLU Khaerul Awar, S.K.M,M.Kes, beserta jajarannya, Dr. H.L.Bahrudin Dirut RSUD KLU dan jajarannya serta OPD terkait.

Sekda KLU Drs.H.Suardi,MM, dalam sambutannya menyampaikan yang intinya bahwa,Pemda KLU terus berupaya menjalin komunikasi dengan sejumlah akses dalam rangka percepatan pemulihan KLU serta sarana dan prasarana fasilitas pelayanan umum khususnya kesehatan masyarakat sebagai jaminan warga KLU tetap sehat.

“Pemda terus berupaya mencari ling agar pemulihan KLU lebih cepat dan dapat dibangun permanen, agar layanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Fasilitas yang ada ini kita maksimalkan pemanfaatannya dengan baik dengan harapan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
Untuk mewujudkan harapan bersama membutuhkan kerjasama dan kekompakan bersama, karena kita menunggu sesuatu yang sama. Jika semuanya dapat kita lakukan maka kita akan dapat mewujudkan Lombok Utara akan menjadi lebih baik, paparnya.

Acara dilanjutkan dengan membuat “komitmen bersama cuci tangan pakai sabun” dengan menempelkan telapak tangan secara bersama sama dimedia kain yang disediakan setelah melumuri tangan dengan pewarna.
Komitmen bersama tersebut diikuti oleh para pelajar dan seluruh peserta yang hadir dan selanjutnya mencuci tangan pakai sabun sampai bersih.

Kepala Dinas Kesehatan KLU Khaerul Awar, S.K.M,M.Kes, dalam kesempatan tersebut menjelaskan kepada media bahwa, jumlah yang diresmikan sebanyak 4 unit puskesmas dan secara berkesinambungan akan menyusul dalam waktu dekat adar dapat melakukan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

“Yang mendapatkan puskesmas sementara ada 6 dan 4 unit sudah mulai beroperasi, yaitu di Mipah, Pemenang, Tanjung dan Gangga, sementara yang sedang dalam proses pembangunan diwilayah Santong dan Senaru. Pembangunan Puskesmas sementara bersumber dari PUPR. Wilayah Bayan dan Kayangan Puskesmasnya hanya rusak ringan cukup hanya direnovasi, jelasnya.

Selain itu dijelaskannya juga bahwa fasilitas layanan kesehatan diPuskesmas sementara tersebut sudah sesuai dengan Permenkes no. 75 tentang Puskesmas. Puskesmas sementara tersebut mampu melayani antara 75 orang hongga 100 orang per hari dan dapat melayani rawat inap.Alkesnya masih memanfaatkan sisa sisa yang bisas diselamatkan dari gempa.

Menurutnya kekuatan bangunan Puskesmas sementara tersebut mampu bertahan hingga satu tahun bahkan lebih, pungkasnya. (red06)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *