Pasar darurat sudah siap pakai dua bulan ke depan

Pasar darurat sudah siap pakai dua bulan ke depan

Giri Menang,globallombok.com 8 September 2018 – Selain karena ingin menggeliatkan pembangunan, Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid memastikan dirinya akan membangun pasar karena terdampak gempa.

Ia berkeyakinan, kebangkitan dan lepas dari trauma gempa bisa dipercepat bila pembangunan sektor ekonomi bisa dibangun segera.

“Pertanian, pariwisata, perdagangan di pasar, serta sektor lain yang berhubungan dengan ekonomi menjadi titik awal. Kalau ekonomi masyarakat hidup kembali, yang lain pasti mengikuti,” ujar Fauzan saat ditemui di Rumah Dinas yang ia sulap menjadi kantornya, Jum’at (7/08).

Untuk itu, ia mendesak Kementerian Perdagangan RI bisa membantu agar Lobar bisa segera memperbaiki Pasar Gunung Sari yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi bulan lalu.

Untuk sementara, para pedagang yang berjumlah lebih dari 500 pedagang di Pasar Terbesar di bagian utara Lobar itu telah disiapkan untuk direlokasi.

“Baznas Pusat telah membantu 100 lapak darurat. Insya Allah pihak kementerian juga akan membantu di samping kita yang juga menyiapkan tenda. Insya Allah, pasar darurat sudah siap pakai dua bulan ke depan,” tutur Kepala Dinas Perindag Lobar, Agus Gunawan.

Selain Pasar Gunung Sari, Fauzan dan Agus pun telah mengusulkan Pasar Kediri untuk bisa diperbaiki karena dianggap sudah tidak layak menampung penjual-pembeli setiap harinya.

“Dua pasar tersebut hampir pasti dibangun karena usulan kita diterima dari awal oleh kementerian,” aku Fauzan.

Naasnya, belum habis luka akibat gempa bumi, bencana kebakaran pun menimpa Pasar Narmada.

Paling sedikit 143 pedagang los harus kehilangan tempat berjualan setelah si jago merah melalapnta habis beberapa waktu lalu.

Ketiga pasar tersebut adalah pasar dengan tipe tinggi dan menjadi urat nadi perekonomian warga. Kondisi yang sudah tidak nyaman, baik karena bencana maupun karena semakin menyusutnya luasan pasar pasti berpengaruh terhadap geliat ekonomi warga.

“Untuk itu, pasar-pasar tersebut harus dibangun. Mudah-mudahan pusat juga menyetujui usulan untuk pasar Narmada,” pungkas Fauzan.(gl).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Sambut Kedatangan Atlet NTB yang Berlaga di Asian Games 2018

Sab Sep 8 , 2018
Bupati Sambut Kedatangan Atlet NTB yang Berlaga di Asian Games 2018 KLU, Tanjung – Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menyampaikan rasa syukur lantaran atlet NTB, terlebih KLU Lalu Muhammad Zohri telah memberikan prestasi terbaiknya di ajang Asian Games maupun pada level internasional (7/9). Untuk membangkitkan semangat […]